Kamis, 16 September 2010

Urgent VS Impact


Kemarin ketika kongkow-kongkow, saya dan teman-teman membahas topik “Priority”. Ada sebuah teori yang unik muncul dari brainstorming tersebut. Priority = Urgencies VS Impact. Which means when we decide which is will be the first thing to do consider that formula wisely. Seberapa darurat (urgent) masalah itu, dan seberapa besar pengaruh (impact) masalah itu.


When dealing with priority, there will be time where shits happen. Everything looks very urgent and need to be done ASAP. Feels like crap. Nah, ini ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu kita menghindari hal itu:

1. AGENDA.
Yang satu ini, penting buanget lo. Lebih terstruktur dan lebih terencana. Saran saya sich, cari agenda yang ada daily separation – nya. Hidup jadi lebih baik dengan agenda. Haha.

2. Berpikir taktis
Selalu lakukan hal ini sebelum bertindak. Ketika kita berencana menunda suatu pekerjaan, coba perhitungkan apa yang akan terjadi di kemudian hari. Sebelum membuat keputusan penting, pertimbangkan efek yang akan muncul.

3. Find the core
Pernah ketemu orang yang ribet banget dalam menyelesaikan sesuatu? Well, maybe that because they don't know the core of the problem. Contohnya, orang itu kelaparan karena dia tidak bisa menentukan pilihan apa yang ingin dimakan atau mau makan dimana, tetapi yang dijadikan kambing hitam adalah tidak menemukan tempat makan yang enak. Padahal inti permasalahannya adalah diri sendiri yang plin plan dalam membuat keputusan. Kalo corenya tepat, maka akan lebih mudah menemukan solusinya.

Do our best and always prepare for the worst scenario.. Siapa sich yang pengen disituasi kepepet??? Kalo ditanya pasti tidak ada yang mao, but sometimes shits happen. Do your part and pray, so that you don't step in that shits.. =p Hope this tips can be useful. =D