Minggu, 13 Maret 2011

Rebranding

Perubahan Brand KFC

Rebranding.. Mungkin ada beberapa kata otomatis muncul di benak kita yang mendengarnya. Perubahan? Peremajaan? Regenerasi? Mungkin ilustrasi disamping mengenai perubahan Resto Fastfood ini dapat memberikan kita sedikit pencerahan. Sering kali rebranding terjadi di sekitar kita tanpa kita cermati. Tidak hanya identik dengan sebuah produk maupun perusahaan, Rebranding juga mulai merambah di dunia media. Setelah sebelumnya TV 7 mengalami perubahan menjadi Trans 7, kali ini giliran TPI, terhitung sejak tanggal 20-10-2010, TPI berubah menjadi MNC TV.



TPI sendiri sudah jauh daripada visi misi awalnya sebagai Televisi Pendidikan Indonesia. Ditengah persaingan untuk menjaring pengiklan, program acara yang ditayangkan didominasi unsur entertainment dan sinetron. Para pengiklanpun sangat selektif, meskipun TPI menduduki rating ke 4 televisi nasional yang paling banyak ditonton tidak serta merta mendongkrak pendapatan televisi tersebut. Alasannya image TPI yang kurang menjual atau kurang komersil terkait dengan cita-cita awal didirikannya TPI.


New MNC TV


Mengapa MNC? Sejak Juli 2006, 75% saham TPI dimiliki oleh Media Nusantara Citra, kelompok perusahaan media yang juga memiliki RCTI dan Global TV. Perubahan nama dan logo dari TPI menjadi MNC TV akan meningkatkan kinerja perusahaan diantaranya dengan menayangkan program yang berkualitas., tetapi MNC TV tidak akan mengubah seluruh tayangan yang telah ada. Selain itu, diharapkan dengan rebranding ini, dapat mendongkrak tingkat pendapatan serta menciptakan citra televisi yang baru di hadapan pemasang iklan.



Berikut adalah hal-hal rebranding yang dilakukan MNC TV :
a. perubahan logo dan merk harus dilakukan menyeluruh dan fokus.
b. dampak perubahan harus menyentuh pada perubahan budaya.
c. fokus dalam setiap kegiatan operasionalnya setiap hari dalam perencanaan strategisnya.
Banyak stasiun TV yang mengubah nama tetapi tetap tidak memberikan dampak baru.



PROSES RELAUNCH 2
a. aspek penjualan dan pemasaran dengan mempertimbangkan masukkan dari para pengiklan/advertiser.
b. aspek pemirsa dengan mempertimbangkan hasil riset (internal atau eksternal).


PROSES RELAUNCH 3

a. membuat jadwal atau tata waktu tahapan relaunch

b. mengurus hak kekayaan intelektual atau perubahan logo dan merk

c. membuat rencana turunan atas perubahan logo dan merk dan proses dari relaunch tersebut

d. mengurus pemberitahuan perubahan logo dan merk tersebut kepada pihak berwenang dan tidak terbatas pada menkoinfo.


3 Hal penting yang ingin disampaikan melalui logo MNC tv:

a. simple

b. modern
c. solid atau kokoh


Brand Personality MNC tv



MNC TV tidak menunjuk konsultan untuk relaunch. Proses dilakukan dengan mengadakan sayembara karyawan. team promo dan post pro mempersiapkan rancangan perubahan dan blue printnya. Dari hal tersebut lahirlah logo MNC tv yang baru. Adapun yang ingin disampaikan dari logo tersebut adalah "Simple, luxury, elegant, expensive, bright, playful, adventures, modern".


Daftar Pustaka :
1. Ringkasan mata kuliah kapita selekta 16-11-2010 (Bpk. Reza)
2. www.google.com
3. www.yahoo.com

.